Apa itu nama domain?

Nama domain, sering disebut sebagai “alamat web”, adalah alamat yang diketikkan orang ke bilah alamat browser untuk menemukan situs web Anda. Nama domain terdaftar unik untuk Anda dan tidak dapat digunakan oleh orang lain, karena berfungsi di Internet dengan cara yang sama seperti alamat jalan di dunia fisik.

 

Mengapa Anda membutuhkan nama domain?
Setiap bisnis, organisasi, atau individu yang berusaha untuk membangun kehadiran online harus memiliki nama domain. Kombinasi nama domain, situs web, dan alamat email membentuk identitas unik Anda secara online. Itu, pada gilirannya, membantu bisnis Anda menciptakan tampilan profesional, meningkatkan kesadaran merek, membangun kredibilitas, dan melindungi merek dagang dan hak cipta Anda.

 

Apa perbedaan antara domain dan subdomain?
Domain (mis., Oberlo.com) adalah alamat web yang Anda beli dari registri domain. Subdomain (mis., Blog.oberlo.com) adalah subkumpulan domain yang dapat dibuat oleh pemilik domain.

Jenis nama domain
Top-Level Domain (TLD) mengacu pada akhiran atau bagian terakhir dari nama domain. Ada daftar terbatas dari sufiks yang telah ditentukan yang meliputi:

.com – bisnis komersial (TLD yang paling umum)
.org – organisasi (biasanya, nirlaba)
.gov – instansi pemerintah
.edu – institusi pendidikan
.net – organisasi jaringan
.mil – militer
TLD diklasifikasikan ke dalam dua kategori besar: domain tingkat atas generik (gTLDs) dan domain tingkat atas kode negara (ccTLD).

Generic Top-Level Domain (gTLDs) adalah nama domain tingkat atas generik yang mengidentifikasi kelas domain yang terkait dengan (.com, .org, .edu, dll).

Domain Tingkat Atas Kode Negara (ccTLD) adalah ekstensi domain dua huruf, seperti .uk atau .fr, yang ditetapkan untuk suatu negara, lokasi geografis atau teritori.

nTLD mengacu pada nama domain tingkat atas baru yang disesuaikan dengan organisasi dan layanan merek, karena mereka lebih disesuaikan, fleksibel, dan relevan. Contoh nTLD termasuk “.voyage”, “.app”, “.ninja”, “.cool”, dll. Dapatkan domain anda sendiri di domain murah Eazysmart.

 

Bagaimana cara memilih nama domain?


Pilih nama yang mudah diketik dan diucapkan. Jika orang-orang berjuang untuk mengejanya atau mengucapkannya dengan benar, itu akan mempengaruhi memorabilitas nama dan melukai merek Anda.
Pilih nama domain yang dapat diubah menjadi merek. Anda tidak ingin nama domain pencocokan kata kunci yang tepat dan parsial karena terlalu generik dan sangat sulit untuk diberi merek. Anda juga harus menghindari angka dan tanda hubung di nama domain Anda – mereka terlalu sulit untuk diingat dan diucapkan.

 

  • Jaga agar pendek dan sederhana. Nama domain yang panjang dan kompleks memiliki risiko besar salah ketik dan salah ketik. Itu hanya sakit kepala yang tidak perlu.
  • Hindari nama yang dapat membingungkan dengan merek yang ada. Jika Anda berpikir Anda dapat mendukung kesuksesan merek lain, Anda sangat keliru. Kebingungan merek akan menjadi kekhawatiran Anda saat dituntut!
  • Gunakan ekstensi yang sesuai. Dengan TLD baru yang mengguncang internet, Anda akan berpikir bahwa semua orang menginginkan sesuatu yang menarik seperti “.boutique”. Namun saran yang berlaku di antara para pemasar adalah tetap berpegang pada kebaikan lama “.com”, semata-mata karena itu adalah suffix yang paling diakui di luar dunia teknologi. Jika Anda menargetkan pasar lokal, maka ccTLD mungkin adalah pilihan yang lebih baik untuk bisnis Anda.
  • Pilih nama yang menunjukkan apa yang bisnis Anda lakukan. Anda harus berhati-hati agar tidak terlalu harfiah. Tetapi nama domain pintar yang menyarankan kepada konsumen apa yang dapat mereka harapkan ketika mereka tiba di situs Anda adalah keuntungan besar untuk bisnis apa pun.

 

Di mana Anda dapat membeli nama domain?
Anda harus membayar biaya tahunan untuk mendaftarkan nama domain. Ketika periode pendaftaran berakhir, Anda akan diberi opsi untuk memperbarui. Jika tidak, nama domain akan tersedia untuk orang lain.

Ada beberapa pendaftar nama domain di luar sana, tetapi godaddy.com dan NameCheap mungkin salah satu yang paling populer. Shopify juga menawarkan opsi untuk membeli nama domain melalui mereka bagi mereka yang membuka e-store baru.

You Might Also Like