“Cara Menghafal Quran – 8 Tips untuk Orang Sibuk”

“Semua pendapat adalah milik penulis dan tidak harus dari situs web yang dipublikasikan di bawah.”

“Hifz” atau hanya menghafal belajar baca Alquran adalah mimpi bagi setiap Muslim. Namun, kebanyakan saudara dan saudari mengeluh karena jadwal sibuk harian mereka, mereka tidak punya waktu untuk mengabdikan menghafal belajar baca Alquran.
Kami berbicara dengan beberapa ulama Islam, banyak di antaranya telah melakukan belajar baca alquran untuk mengenang dan meminta mereka untuk tips efektif tentang cara menguasai hafalan Alquran meskipun sibuk dengan pekerjaan dan pekerjaan rumah tangga.

belajar baca alquran

Tips yang mereka berikan (khusus ditujukan untuk individu yang sibuk) termasuk yang berikut:

1- Bangkit Lebih Awal Pada Pagi
Jadilah yang pertama bangun dan jika memungkinkan, pertama-tama tawarkan salat Subuh di masjid. Ketika Anda selesai dengan sholat subuh, alih-alih mendedikasikan waktu Anda untuk kegiatan sembrono seperti menonton TV atau berselancar di internet, habiskan beberapa menit untuk menghafal Alquran.

2 – Tetapkan Tujuan yang Realistis dan Hafalkan Lebih Sedikit Dari yang Anda Pikirkan
Anda mungkin tergoda untuk menghafal satu atau dua halaman per hari karena ini tampaknya menjadi tujuan yang realistis. Namun, Anda dapat segera menyerah karena kurangnya waktu. Sebaliknya, turunkan harapan Anda dan mulailah dengan menghafal tiga hingga lima baris setiap hari.
Mendedikasikan setidaknya 20 menit untuk teknik menghafal semacam ini akan bekerja bahkan untuk orang-orang tersibuk.

3 – Gunakan Teknik Keakraban
Awalnya, ketika Anda mulai menghafal belajar baca Alquran, Anda tentu saja akan menemukan ayat-ayat yang asing. Oleh karena itu, untuk mengikat mereka ke dalam memori, Anda dapat menulis lima ayat ke selembar kertas dan mempelajarinya dengan hati.
Bacalah ayat-ayat itu berulang kali selama beberapa minggu ke depan untuk mempertahankan mereka ke dalam memori sepenuhnya.

4- Simpan Ayat Harian di Tangan
Gunakan setiap waktu luang sepanjang hari untuk membaca dan menghafal garis-garis belajar baca Alquran yang Anda lakukan untuk mengingat. Misalnya, Anda mungkin memiliki beberapa menit gratis selama waktu Anda menunggu bus, janji di klinik dokter, dll.
Anda dapat menyimpan daftar ayat-ayat hari ini di tas atau saku Anda untuk akses mudah dan merujuk mereka kapan pun Anda berjuang untuk mengingat apa yang Anda pelajari.

5 – Bacalah Apa yang Anda Inginkan Dalam Setiap Salah
Untuk semakin memperkuat apa yang Anda pelajari ke dalam ingatan, Anda dapat membaca ayat-ayat sehari-hari dalam sholat lima waktu. Dalam setiap raka, Anda dapat berganti-ganti antara lima ayat yang Anda pelajari pada hari yang sama atau hari-hari sebelumnya.

 

Sekarang banyak juga metode untuk membantu anda untuk belajar baca alquran cepat bisa

belajar baca alquran

6- Lacak Tujuan Anda
Jika satu halaman Alquran berisi 15 baris terakhir, pada akhir minggu Anda akan menghafal dua halaman belajar baca Alquran dan pola itu akan terus berlanjut sampai Anda sepenuhnya berkomitmen belajar baca alquran untuk mengenang.
Selain itu, Anda dapat belajar ayat demi ayat dengan terjemahan dan merenungkan makna yang sama.

7-Distraction Free Environment
Yang terbaik adalah menghafal Quran di tempat yang terpencil dengan sedikit atau tanpa gangguan sama sekali. Dengan memastikan bahwa lingkungannya tenang, Anda akan dapat meningkatkan fokus dan dengan demikian dapat mempertahankan apa yang Anda hafalkan.
Misalnya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sesi menghafal pagi hari sangat efektif karena gangguan minimum pada saat itu.
Selain itu, Anda dapat mematikan ponsel dan laptop Anda dan fokus hanya pada Al-Quran sehingga dapat meningkatkan perhatian.

8- Tinjau Apa yang Anda Hafalkan sebagai Banyak Kali yang Mungkin Dalam Satu Hari
Untuk menghafal Al-Quran, penting untuk merevisi setiap ayat yang Anda pelajari. Anda dapat menggunakan teknik 3 metode berikut untuk memastikan bahwa Anda mempertahankan semua yang telah Anda pelajari:
Mulai hafalan baru di awal hari

Merevisi garis yang Anda pelajari di minggu sebelumnya sebelum Anda memulai penghafalan baru. Logika di balik pengaturan ini adalah bahwa penghafalan terbaru adalah yang sering dilupakan pertama. Oleh karena itu,

merevisi bagian sebelumnya dari belajar baca Alquran sebelumnya akan terbukti menjadi latihan pemanasan yang baik untuk otak Anda.

Selain itu, Anda akan dapat membangun koneksi antara materi yang sebelumnya dihafalkan dan yang baru yang akan Anda hafalkan.

belajar baca alquran

Pada hari yang sama di waktu lain, perbaiki materi yang Anda pelajari sebelum tujuh hari sebelumnya.
Selain itu, Anda dapat menggunakan aplikasi hafalan Al-Quran untuk menjaga diri sejalan dengan tujuan penghafalan Anda.
Sebagai kesimpulan, Anda akan menemukan bahwa tidak masalah seberapa sibuknya Anda, jika Anda mencoba dan menerapkan kiat-kiat yang disebutkan di atas, Anda akan dapat menghafal bagian-bagian kecil Al-Quran dan akhirnya menghafal lengkap selama jangka waktu tertentu.
Namun demikian, kunci untuk menghafal Al-Qur’an adalah konsistensi, dedikasi, dan kerja keras. Terlebih lagi, berkat-berkat melakukan hal itu sangat besar, tidak hanya imaan dan taqwa Anda meningkat, tetapi juga akan harga diri dan kepercayaan diri Anda.

You Might Also Like