Dedicated vs. VPS: Pahami opsi server Anda

Jika Anda mencoba memutuskan server yang tepat untuk meng-host situs Web Anda atau sumber daya bisnis dasar, artikel ini akan membantu Anda menangani beberapa pilihan dan keputusan penting.

Selama beberapa tahun terakhir, kami telah berbicara cukup banyak tentang “awan”, perbedaan antara awan publik dan pribadi, dan keputusan yang dibuat oleh CXO ketika menumbuhkan atau mengkonsolidasikan pusat data. Tapi kami belum menghabiskan waktu sebanyak itu untuk bisnis kecil yang setara, satu-satunya server.

Saat ini, perusahaan kecil yang ingin membuat situs Web, mengelola aliran email mereka sendiri, menginstal alat berbagi seperti OwnCloud, atau menjalankan perangkat lunak berbasis server yang menghadap Internet memiliki sejumlah pilihan mulai dari menyiapkan mesin di tempat untuk menggunakan di luar penyedia layanan.

Jika kami ingin menjalankan server Web lalu lintas yang relatif tinggi, kami harus menjalankannya sendiri. Itu berarti kami harus membeli perangkat keras dan membayar untuk feed internet khusus dengan alamat IP tetap. Saat itu, terutama untuk startup yang didanai sendiri, itu baik mondo mahal dan sangat memakan waktu.

Sementara biaya perangkat keras dan bandwidth telah turun di tahun-tahun berikutnya, hosting server di situs masih mengharuskan Anda memiliki setidaknya satu alamat IP khusus dan bandwidth yang dialokasikan cukup untuk menangani lalu lintas naik dan turun dari Internet. Bagi kebanyakan perusahaan kecil, ini tidak sepadan dengan kerumitannya.

Ketika Anda mulai mencari layanan hosting internet, penawaran utama adalah layanan Web. ISP dan penyedia hosting akan menyediakan Anda dengan layanan yang memungkinkan Anda untuk membangun satu atau lebih situs Web dan melayani halaman ke audiens. Meskipun Anda mungkin juga mencari hosting server mail dan manajemen milis, layanan tersebut mungkin lebih baik dijalankan melalui penyedia khusus: Gmail dan Office 365 untuk email dan penyedia layanan milis untuk manajemen daftar. Beberapa tahun yang lalu, saya menulis tentang masalah kunci manajemen buletin email.

Semua itu membawa kita kembali ke diskusi tentang hosting. Jika Anda ingin menjalankan situs Web (atau lebih dari satu – saya mengoperasikan sekitar 10), Anda akan ingin memilih antara hosting situs Anda sendiri pada mesin di rumah atau kantor Anda, menggunakan penyedia hosting bersama tradisional, menggunakan apa disebut “virtual private server,” membangun layanan cloud seperti Amazon’s AWS, atau menyewa dedicated server.

Kisaran harga cukup besar. Anda bisa mendapatkan sedikit akun shared hosting yang bagus dengan biaya empat dolar per bulan, tetapi setelah Anda mulai menambahkan server khusus, Anda mencapai beberapa ratus dolar sebulan dan naik.

BASIC SHARED HOSTING
Mari kita mulai dari ujung bawah. Jika Anda memiliki situs Web sederhana, katakanlah situs yang menghosting resume atau mungkin satu atau dua halaman deskripsi bisnis Anda dengan informasi kontak, layanan shared hosting murah baik-baik saja. Anda akan bertahan dengan menghabiskan kurang dari $ 10 per bulan dan tidak pernah melihat masalah

Ada beberapa batasan untuk rencana murah ini. Pertama, berhati-hatilah dengan istilah “tidak terbatas” – seperti dalam penyimpanan tanpa batas atau bandwidth tidak terbatas. Ketika Anda membayar kurang dari $ 10 sebulan, Anda tidak akan pernah, tidak terbatas. Persyaratan layanan akan menyatakan apa yang dianggap sebagai penggunaan yang dapat diterima (dan apa pun di atas yang akan diblokir, diperlambat, atau ditagih) atau bandwidth Anda akan secara otomatis dicekik di belakang layar.

Di luar batasan tanpa batas, konsep shared hosting – multi-tenant – adalah semua tentang fakta bahwa Anda tidak memiliki penggunaan eksklusif dari lingkungan komputasi Anda. Anda berbagi siklus CPU, RAM, penyimpanan, dan antarmuka bus mesin Anda – serta bandwidth – dengan pelanggan hosting lainnya. Beberapa penyedia hosting melakukan pekerjaan yang baik untuk memastikan bahwa tidak ada pelanggan yang memiliki terlalu banyak sumber daya (lihat mengapa “tidak terbatas” tidak terbatas?), Tetapi yang lain hanya membiarkan pelanggan mereka berjalan tanpa pengawasan.

Intinya adalah, server dibagi.

VIRTUAL PRIVATE SERVERS (VPS)
Selanjutnya, mari kita bahas VPS. Menurut pengalaman saya, ada dua rasa dari VPS yang ditawarkan, dan Anda harus jelas tentang layanan mana yang Anda gunakan. Yang pertama memberi Anda mesin virtual yang sebenarnya (artinya Anda dapat menjalankan apa pun yang Anda inginkan dan pada dasarnya root) dan yang kedua memberi Anda panel kontrol hosting khusus (seperti cPanel), tetapi Anda berbagi konfigurasi server Web inti dengan pengguna lain di mesin .

Layanan VPS juga dibagikan. Seperti halnya shared hosting dasar, Anda berbagi sumber daya mesin dengan pelanggan lain. Perbedaan antara layanan shared hosting dan VPS adalah bagaimana pembagian itu dilakukan. Selain itu, karena pelanggan VPS cenderung membayar lebih sedikit daripada pelanggan hosting dasar, kinerja cenderung menjadi lebih baik dan batasan untuk “tidak terbatas” cenderung lebih kecil.

Kembali ke bagian “virtual”, Anda mungkin mendapatkan VPS yang menawarkan gambar mesin virtual, di mana distribusi Linux mungkin akan diinstal. Setelah itu, di banyak VPS berbasis VM, Anda sendirian. Anda perlu memuat LAMP stack Anda sendiri (Linux, Apache, MySQL, PHP atau Perl) dan mengkonfigurasi administrasi server Anda sendiri. Bagi mereka yang ingin menghabiskan lebih sedikit uang tetapi ingin kontrol penuh atas lingkungan mereka, ini adalah pilihan yang baik.

Varian dari ini adalah VPS di mana Anda mendapatkan lingkungan web hosting virtual yang pada dasarnya adalah paket dari sejumlah lingkungan shared hosting dasar. Dalam kebanyakan kasus, ketika Anda membeli shared hosting dasar, itu adalah untuk situs web, direktori public_html, satu set file konfigurasi, dll. Dengan VPS virtual web hosting, Anda memiliki kemungkinan untuk menambah jumlah (biasanya ditentukan oleh harga penawaran Anda) lingkungan web hosting lengkap, masing-masing unik dari domain dan titik konfigurasi.

Either way, dengan VPS, Anda memiliki lebih banyak sumber daya, lebih banyak kinerja, lebih banyak kebebasan, lebih banyak fleksibilitas, tetapi Anda masih berbagi mesin.

PELAYANAN BERDEDIKASI
Server khusus hanya itu: server yang didedikasikan untuk penggunaan satu-satunya. Anda tidak lagi berbagi kotak dengan orang lain. Ketika Anda menyewanya, kotak yang terletak di mana ISP Anda memiliki pusat data Anda adalah milik Anda dan hanya milik Anda. Dalam kebanyakan kasus, ini berarti Anda dapat menjalankan apa pun yang Anda inginkan di kotak surat, dan jika permintaan database terlalu lama, ISP tidak akan mengeluh, karena tidak memperlambat klien lain. .

Seperti VPS berbasis VM, Anda biasanya dapat mengonfigurasi lingkungan sesuai keinginan. Jadi, jika Anda ingin menambahkan konfigurasi PHP yang berbeda atau memodifikasi setiap bit terakhir dari Apache, atau menjalankan Nginx daripada Apache, tidak ada yang akan menghentikannya.

Apakah Anda benar-benar tidak terbatas? Tidak. Masih akan ada batasan. Pertama-tama, Anda tidak dapat merusak bandwidth ISP Anda, karena Anda masih berbagi bandwidth dengan semua klien lainnya. Kedua, kemungkinan Anda masih terbatas pada kebijakan penggunaan yang dapat diterima, yang umumnya tidak menyambut pelanggan yang menghosting konten pornografi atau bajakan di server apa pun.

Tetapi meskipun Anda memiliki beberapa keterbatasan, Anda tidak membagikan mesin. Semua kemampuan inti CPU adalah milik Anda untuk digunakan.

HOST CLOUD
Akhirnya, mari kita bicara tentang layanan hosting di cloud, seperti Amazon Web Services (AWS) dan Digital Ocean. Amazon menjual berbagai penawaran infrastruktur sebagai layanan, di samping hosting bersama VM yang sederhana. Hal yang sama berlaku untuk Ocean Digital. Saya menyebutkan Digital Ocean karena mereka memungkinkan Anda untuk membuat, menjalankan, mengeksekusi, dan menghancurkan mesin virtual dengan sangat cepat. Seperti Amazon, mereka menagih per satuan waktu. Satu-satunya keunggulan Digital Ocean adalah bahwa ia lebih berorientasi pada pengembangan daripada produksi, sehingga penciptaan dan peledakan gambar adalah fitur dasar dari layanan ini.

Secara umum, jika Anda berencana untuk membangun infrastruktur web berskala, atau jika Anda mencoba membangun pusat data berdasarkan cloud, maka AWS adalah jawaban yang benar. Tetapi jika semua yang Anda ingin lakukan adalah meng-host beberapa situs web, maka Anda akan lebih baik dengan server bersama atau dedicated yang biasa.

You Might Also Like